Konsep Region Sebagai Representase Ruang

Untuk dapat mewujudkan analisa teori yang baik dan harmonis, konsep wilayah (region)  digunakan sebagai representatif dari unsur ruang (space). Dalam hal ini, region diartikan sebagai suatu kesatuan ruang yang dikelompokkan berasarkan unsur tertentu tergantung dari tujuan analisa.
region diartikan sebagai suatu kesatuan ruang yang dikelompokkan berasarkan unsur tertentu tergantung dari tujuan analisa.
Unsur tertentu tersebut dapat menyangkut dengan kondisi sosial-ekonomi maupun keterkaitan antar wilayah Bahkan, pengelompokkan wilayah dapat pula dilakukan tidak berdasarkan petimbangan ekonomi, tetapi juga pertimbangan kemampuan administrasi pemerintahan. Dapat pula terjadi, pengelompokkan region dilakukan untuk tujuan perencanaan dengan pertimbangan ketiga unsur tersebut sekaligus.

Berdasarkan beberapa unsur Utama yang dipertimbangkan dalam pengelompokkan wilayah tersebut, secara umum terdapat 4 bentuk wilayah yang banyak digunakan dalam Analisis Ekonomi Regional, yaitu:

  1. Homogeneous Region, yaitu kesatuan wilayah yang dibentuk dengan memperhatikan kesamaan karaktiristik sosial-ekonomi dalam wilayah bersangkutan. Termasuk ke dalam wilayah seperti ini antara lain adalah : provinsi, kota, kabupaten dan desa. Sedangkan pada tingkat internasional, termasuk dalam wilayah ini adalah beberapa negara seperti ASEAN(Associaton Of Southeast Asia Nation), European Union dan lain-lainnya
  2. Node Region, yaitu kesatuan wilayah yang dibentuk bedasarkan kriteria sosial- ekonomi yang erat antar daerah. Keterkaitan ini menjadi penting karena dapat mendorong terbentuknya kesatuan yang erat antara beberapa daerah atau negara terkait. Termasuk ke dalam wilayah seperti antar lain adalah : JABODETABEK (kesatuan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi) dan Segitiga Pertumbuhan (Growth Triangle) baik IMS-GT (Indonesia-Malaysia-Singapure Growth Triangle) dan IMT-GT(Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle).
  3. Planning Region, yaitu kesatuan wilayah yang dibentuk untuk tujuan penyusunan erencanaan pembangunan. Termasuk ke dalam wilayah ini antara lain adalah : Wilayah Pembangunan dalam perencanaan pembangunan baik

Post a Comment

Previous Post Next Post