Elastisitas Harga

Kurva permintaan dan penawaran memperlihatkan bagaimana reaksi pembeli dan penjual (dalam hal banyak sedikitnya yang mau dibeli datau dijual) terhadap perubahan harga.
Elastisitas harga adalah tingkat kepekaan relatif dari jumlah yang diminta konsumen, akibat adanay perubahan tingkat barang. Dengan kata lain elastisitas harga adalah perubahan proporsional dari sejumlah barang yang diminta dibagi dengan perubahan proporsional dari harga.

 Elastisitas Permintaan

inti pengertian permintaan adalah : hubungan antara JUMLAH suatu barang yang mau dibeli dengan HARGA barang itu. Bentuk kurva permintaan yang turun ke kanan menunjukkan bagimana reaksi jumlah yang mau dibeli terhadap perubahan harga: kalau P naik, Qd justru berkurang, sedang kalau P turun, Qd justru bertambah.

Tetapi reaksi konsumen tidak mesti sama untuk pelbagai macam barang. Untuk beberapa macam barang para konsumen sangat peka terhadap perubahan harga, artinya: perubahan harga yang kecil saja sudah menyebabkan jumlah yang mau dibeli berkurang banyak. Tetapiada juga barang dimana konsumen hampir tidak peka terhadap perum=bahan harga, biarpun harga naik, jumlah yang dibeli hampir tidak berkurang.

untuk menyatakan peka tidaknya jumlah yang mau dibeli terhadap perubahan harga diperh=gunakan istilah elastisitas, tepatnya elastisitas harga (price elasticity of deamand).


Post a Comment

Previous Post Next Post