Definisi Persaingan Sempurna

Karakteristik pasar persiangan sempurna (Perfect Competition) adalah suatu pasar di mana :


  1. Jumlah produsen banyak dan volume produksi setiap produsen hanya merupakan bagian (share) yang kecil dari volume transaksi total di dalam pasar, sehingga masing-masing produsen tidak mampu menentukan harga.
  2. Produk yang dihasilkan oleh para produsen adalah bersifat homogen, sehingga produksi atau produsen merupakan substansi yang sempurna bagi produksi produsen lain.
  3. Setiap pelaku dalam pasar mendapatkan informasi pasar yang tepat dan sempurna (perfect knowladge/perfect information), sehingga setiap pelaku dalam pasar mempu membuat keputusan berdasarkan informasi yang tersedia di pasar.
  4.  Produsen sebagai price taker, dimana tidak dapat menetapkan harg. Krena harga sepenuhnya ditentukan berdasarkan tarikan permintaan penawaran pasar, sehingga setiap produsen menetapkan harga berdasarkan mekanisme harga yang terjadi di pasar.
  5. Kebebasaran untuk masuk dan keluar (free entry and exit),  di mana setiap perusahaan mempunyai kebebasan untuk masuk ke dalam industri. Perusahaan baru bebas untuk masuk ke dalam industri tanpa adanya hambatan dari pasar pemain lama. Begitu pula perusahaan lama memiliki kebebasan untuk keluar dari industri tersebut apabila mlihat potensi pasar yang semakin kecil.

Ketiga fungsi utama dari pasar persaingan sempurna ini mempunyai implikasi :

  1. Seorang produsen (Secara individual) tidak bia mempengaruhi harga pasar yang berlaku; harga ditentukan oleh "pasar" untuknya.
  2. Kurva permintaan yang dihadapi oleh seorang produsen adalah garis lurus horisontal, yang berarti bahwa dia bisa menjual output berapa pun pada tingkat harga yang berlaku tanpa mengakibatkan penurunan harga jual.
  3. macam keputusan yang perlu diambil oleh seorang produsen (untuk mencapai keuntungan maksimal atau posisi equilibriumnya) adalah berapa volume output yang harus ia produksikan/jual; sedang harga jualnya sudah ditentukan oleh pasar.

Dalam pembahsan mengenai bekerjanya pasar persaingan sempurna, dalam teori dibedakan antara :

  1. Keseimbangan (Equilibrium) produsen secara individual
  2. Kesimbangan (Equilibrium) pasar, yaitu posisi keseimbangan antara penawaran dan permintaan di pasar tersebut.

Post a Comment

Previous Post Next Post