Pengantar Ekonometrika


Definisi Ekonometrika

Ekonometrika atau econometrics adalah cabang ilmu ekonomi dengan penaksiran empiris hubungan - hubungan antar variabel ekonomi. 
Hal ini berarti bahwa ekonometrika merupakan ukuran besaran hubungan- hubungan antara variabel ekonomi. 
Ekonometrika menggunakan teori ekonomi yang terkandung dalam model ekonometrik yakni; fakta sebagai data relevan; teori statistika sebagai teknik ekonometrik, yang digunakan untuk mengukur dan menguji secara empiris hubungan-hubungan antara variabel-ariabel ekonomi. 

Definisi ekonometrika ini secara ekslusif membahas hubungan-hubungan antara ariabel-variabel ekonomi, akan tetapi pendekatan ekonometrik dapat diterapkan pada ilmu-ilmu lain, khususnya ilmu-ilmu sosial lainnya seperti sejarah, ilmu politik, sosiologi, dan psikologi. Ekonometrika juga dapat diterapkan pada kebijakan publik seperti kesehatan, pendidikan, transportasi, perumahan, dan perlindungan lingkungan.

Istilah ekonometrika digunakan untuk pertama kali pada tahun 1930-an, yaitu penggabungan matematika murni dan penaksiran empiris hubungan variabel-variabel ekonomi. Penggabungan teorin itu kemudian menghasilkan pengembangan matematika dan teori ekonomi yang disebut dengan matematika ekonomi. 

Penggabungan ini melatarbelakangi objek utama dari ekonometrika, yaitu pengenalan studi dengan unifikasi teori kuantitatif dan pendekatan empiris kuantitatif terhadap masalah-masalah ekonomi. Jika statistika ekonomi men- cakup pengembangan dan penyajian data ekonomi maka ekonometrika menggunakan data tersebut untuk menaksir hubungan kuantitatif variabel-variabel ekonomi dan menguji hipotesis antara variabel-variabel ekonomi tersebut.

Post a Comment

Previous Post Next Post