Sifat-Sifat Pendekatan Ekonometrik

Ada dua bahan utama dalam pendekatan ekonometrik, yaitu teori dar fakta. Teori murni secara deduktif merumuskan sistem yang tercakup dalam fenomena ekonomi. Misarnya matematika ekonomi mencakup teori neoklasik permintaan, produksi dan keseimbangan umum. Se baliknya, fakta berhubungan dengan pengembangan dan perbaikan data ekonomi. Misarnya statistika ekonomi mencakup pengumpuran data pada tingkat makro seperti pendapatan nasionar, dan pengumpuran data pada tingkat milao sepertidata produksidan biaya satu jenis barang atau jasa.

Diagram 1. Pendekatan Ekonometrik
Teori merupakan sarah satu bahan utama daram studi ekonometrika. tetapi teori tersebut harus dikembangkan daram bentuk fungsi atau model yang dapat digunakan. Bentuk fungsi atau moder pendekatan ekonometrik ditunjukkan pada Diagram 1. Moder ekonometrik me_ rupakan ringkasan teori-teori yang rerevan terhadap sistem untuk pengukuran empiris dan pengujian hipotesis. sarah satu aspek penting dalam studi ekonometrik adalah spesifikasi model, yaitu konstruksi dan elaborasi moder secara tepat menjeraskan fenomena yang diseridik.Pembahasan tentang spesifikasi moder akan dibahas pada materi berikutnya.
Bahan utama rain daram studi ekonometrika adarah himpunan fakta, yaitu penjelasan kejadian fenomena riir ekonomi. Fakta merupakan himpunan data dari pengamatan fakta rerevan. pada umumnya data yang dikumpulkan disempurnakan dengan penyusuaian musim dan siklus, ekstraporasi, interporasi dan membandingkan data dari satu sumber dengan sumber lainnya.

Teori yang dikembangkan dalam bentuk model ekonometrik dan fakta berupa himpunan data dikombinasikan. Thhapan berikutnya adalah penaksiran model ekonometrik dengan data yang telah dibersihkan atau disesuaikan dengan menggunakan teknik ekonometrik. Metode penaksiran ekonometrik akan dibahas pada bagian berikutnya. Hasil penaksiran model ekonometrik adalah besaran atau parameter yang dihasilkan dari data relevan. Model penaksiran atau estimasi merupakan suatu cara pengukuran dan uji hubungan yang disarankan oleh teori ekonomi.

Post a Comment

Previous Post Next Post