Artikel Ilmiah "ANALISIS PENGADAAN BARANG DAN JASA SECARA ELEKTRONIK (E-PROCUREMENT) PADA LPSE KOTA KENDARI"

ANALISIS PENGADAAN BARANG DAN JASA SECARA ELEKTRONIK 
(E-PROCUREMENT) PADA LPSE KOTA KENDARI
Maharany Arsyad
B1A1 12 143
Jurusan Ilmu Ekonomi
Universitas Halu Oleo Kendari
La Ode Suriadi dan Syamsul Anam
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo
Email: maharanyarsyad@gmail.com
ABSTRAK
MAHARANY ARSYAD, 2016 :Analisis Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektronik (E-Procurement) Pada LPSE Kota Kendari. Skripsi S1. Program Studi Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Halu Oleo. Dibimbing oleh: 1) La Ode Suriadi 2). Syamsul Anam.

Penelitian ini bertujuan untuk  mendiskripsikan  berbagai data yang diperoleh mengenai efesiensi dan efektivitas e-procurement dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa yang dijalankan oleh LPSE Kota Kendari. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif analitis memberikan gambaran atau penjelasan tentang pelaksanaan pengadaan barang dan jasa secara elektronik (e-procurement) yang dijalankan oleh LPSE Kota Kendari dengan menggunakan data primer berupa data yang diperoleh langsung dari kontraktor, konsultan, dan kelompok kerja unit layanan pengadaan (Pokja ULP) dengan menggunakan kuesioner untuk memperoleh keterangan yang diperlukan. Dalam hal ini persepsi para pihak yang terlibat langsung dengan pelaksanaan e-procurement sangat dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana pendapat, penilaian, pandangan, atau sikap mereka terhadap pelaksanaan e-procurement  pada LPSE Kota Kendari serta data sekunder berupa angka-angka yang meliputi nilai HPS, nilai kotrak, dan daftar waktu paket lelang pada bulan oktober, november, dan desember pada tahun 2014.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan e-procurement di Kota Kendari pada bulan oktober-desember 2014 sudah berjalan efisien dari segi biaya dan waktu. Hal ini ditunjukkan yang mana dapat menghemat anggaran biaya belanja daerah Kota Kendari dan pelaksanaan pengadaan barang/ jasa dapat diselesaikan sebelum batas waktu yang ditentukan dari pihak ULP. Selain itu e-procurement juga meningkatkan efektivitas dimana dengan nilai rata-rata berdasar skala likert bahwa berdasarkan tanggapan dari kontrator, konsultan maupun Pokja ULP menyetujui e-procurement meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan akses pasar dan persaingan usaha dengan beberapa masukan di tiap-tiap variabelnya.

Kata kunci : E-Procurement, Efesiensi, dan Efektivitas

download artikel

Post a Comment

Previous Post Next Post