Sistem Ekonomi

Defenisis Sistem Ekonomi
Apa itu sistem ekonomi?.
Sistem adalah sekumpulan obyek, ide atau gagasan atau kegiatan yang disatukan oleh sejumlah peraturan yang membentuk hubungan timbal balik atau saling ketergantungan antara satu dengan yang lain (Bornstein, 1989). Dari definisi tersebut ada dua pertanyaan pokok yang perlu mendapat perhatian utama, yaitu: (i) Apa yang diorganisasikan dan (ii) Bagaimana komponen atau unsur yang menyusunnya berhubungan satu sama lain.
Grossman (1984:19) menyatakan “........ system is the notion that the various part and components (economics units and agents institutions) not only interconnect and interact but do so with a certain degree of mutual consistency and coherence ....”

Jika definisi tersebut diterjemahkan secara bebas maka sistem ekonomi adalah sekumpulan komponen-komponen atau unsur-unsur atas unit-unit dan pelaku-pelaku ekonomi serta lembaga-lembaga yang bukan saja saling berhubungan dan berinteraksi, melainkan juga sampai tingkat tertentu saling menopang dan memengaruhi (Rahardja dan Manurung, 2008:464).

Dari definisi tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa sistem ekonomi merupakan cara masyarakat yang terorganisir untuk menjawab tiga masalah pokok yaitu berapa dan barang apa yang akan dihasilkan, bagaimana cara masyarakat (teknik produksi) memproduksi barang dan untuk siapa barang barang-barang yang dihasilkan oleh masyarakat (berkaitan dengan masalah distribusi).

McConnell and Brue (2005:33) menyatakan:
  “every soceity needs to develop an economic system–a particular set of institutional arrangement and  a coordinating  mechanism – to respond  to economizing problem. Economic system differ as to (1). who owns the factor of production and (2). the method use coordinate and direct economic activity”.

Jika dilihat dari sudut pandang organisasi, maka sistem ekonomi memiliki dua tujuan utama, yaitu: (1) mengorganisir suatu sistem untuk memproduksi barang dan jasa yang maksimal untuk kebutuhan masyarakat, dan (2) mengatur alokasi output dan pendapatan kepada setiap individu atau kelompok pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian.

Post a Comment

Previous Post Next Post