STUDI PENERAPAN NILAI-NILAI SYARIAH PADA KOPERASI PELAJAR DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 4

STUDI PENERAPAN NILAI-NILAI SYARIAH PADA KOPERASI PELAJAR DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 4
OLEH:
BENI IRAWAN

Dr.H. Gamsir, SE, M.Si
Dr.H. Supriady Rusli,SE., M.Si

Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara


ABSTRAK
BENI IRAWAN, 2016 Studi Penerapan Nilai-Nilai Syariah Pada Koperasi Pelajar Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 4. Skripsi S1. Program Studi Ekonomi Pembangunan, Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Halu Oleo. Dibimbing oleh (1) H. Gamsir dan (2)  H. Supriady Rusli.

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Lamomea Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan, dengan obyek penelitian anggota koperasi pelajar yang berada Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 4. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan nilai-nilai syariah pada koperasi pelajar di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 4 dengan menggunakan sampel sebanyak 28 responden dari jumlah 282 santriwati yang ditentukan dengan Proportionate Stratified Random Sampling dan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan alat analisis skala likert.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menunjukan bahwa anggota koperasi pelajar di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 4 telah menerapkan ke-tujuh nilai-nilai syariah tersebut, yakni : (1) Shiddiq; (2) Istiqamah; (3) Tabligh; (4) Amanah; (5) Fathanah; (6) Ri’ ayah dan (7) Mas’uliyah. Penerapan nilai-nilai syariah ini merupakan perwujudan dari metode pendidikan yang diberikan kepada satriwati selaku anggota dan pengurus koperasi pelajar, dimana metode yang diajarkan adalah (1) Metode Uswatun Hasanah (keteladanan); (2) Metode Latihan dan Pembiasaan; (3) Metode Kedisplinan Dan (4) Metode Ibrah dan Muadziah.




Post a Comment

Previous Post Next Post